Apa Itu LDF ?

 

LDF merupakan kepanjangan dari Lembaga Dakwah Fakultas. LDF adalah perpanjangan tangan dari Unit Kegiatan Mahasiswa Bina Rohani Islam Mahasiswa (Birohmah). Sementara itu, Birohmah Unila merupakan pusat center dari LDF. Ibaratnya Indonesia, Birohmah adalah Ibu Kota Negara, sementara LDF merupakan provinsi-provinsinya yang di bawah naungan pemerintah pusat. UKM Birohmah Unila merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) resmi di tingkat Universitas.

LDF-LDF dan UKM Birohmah di Universitas Lampung telah berperan sangat lama untuk menyebarkan nilai-nilai keislaman di lingkungan kampus mulai tahun 1980-an hingga saat ini dengan perjuangan yang tidak mudah untuk diakui sebagai lembaga dakwah fakultas yang tergabung di dalam unit-unit kegiatan mahasiswa baik di tingkat fakultas maupun di tingkat Universitas.

Ada 8 LDF di Universitas Lampung yang tersebar di tiap-tiap Fakultas, yakni diantaranya: Fppi Fkip Unila, Fossi FT Unila, Fossi FH Unila, Fosi FP, FSI Ibnu Sina Fakultas Kedokteran, FSPI FISIP, Rois FEB, Rois FMIPA.

Tujuan dibentuknya LDF yakni untuk memperkokoh gerakan dakwah kampus di setiap lini Fakultas. Peran LDF begitu penting sebagai sarana untuk mempermudah dalam mengajak para mahasiswa dan stake holder kampus untuk menjadi insan yang agamis dan mau berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan dakwah islam di lingkungan kampus dan masyarakat di sekitarnya.