Ayat Al-Qur’an Yang Terakhir Diturunkan, Al-Maidah Ayat 3?? Bener Ga sih??

 

Ayat Alqur’an yang Terakhir Kali Diturunkan Al-Maidah Ayat 3?? Bener Ga sih??

Ayat Al-Qur’an yang pertama kali yaitu surat Al-Alaq 1-5, semua orang pasti sudah tau dan setuju akan hal ini. Iya kaann?? Tapii,, ternyata untuk ayat yang terakhir diturunkan itu masih kontroversi lho… Al-Maidah ayat 3 ternyata bukan ayat yang terakhir kali diturunkan. Alasannya gini! Ayat tersebut (Al-Maidah ayat 3) turun di Arafah saat Rasul berhaji wada’ (haji perpisahan)bersama para sahabat. Dan di antara hari arafah dengan wafatnya Rasulullah masih lama lagi, yaitu 81 malam. Sehingga masih ada sejumlah ayat Al-Qur’an yang diturunkan sesudahnya. Dan… ayat penghabisan yang diturunkan ialah surat Al-Baqarah ayat 281 yang bunyinya,

“Dan peliharalah dirimu dari azab yang terjadi pada hari yang pada waktu itu kamu semua dikembalikan kepada Allah. Kemudian, masing-masing diri diberi balasan yang sempurna terhadap apa yang telah dikerjakannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya.”

Menurut Ustadz Hasbi Ash-Shidiqi, setelah ayat ini turun, Rasulullah masih hidup sembilan malam. Namun, menurut Ustadz Hamka dalam tafsir Al-Azhar, sisa usia Rasululah setelah ayat tadi turun ialah 21 hari. Beda sedikit tidak apa-apa, InsyaAllah tidak dsa, dan kita tidak perlu bingung, OK?

Lalu, bagaimana dengan ayat 3 dari Al-Maidah, kok sepertinya membingungkan orang yang baru mau belajar seluk beluk Al-Qur’an?

Di buku Mabahits fi Ulumil Qur’an karya Manna Al-Qaththan diterangkan bahwa yang dimaksudkan Allah “telah menyempurnakan agama dan nikmat-Nya” pada ayat yang berbunyi:” Pada hari ini telah Kusempurnakan untukmu agamamu dan telah Kucukupkan nikmatKu kepadamu, dan aku ridha Islam menjadi agamamu” (Al-Maidah:3) adalah dengan cara Allah swt., menempatkan mereka di negeri Haram (Makkah, yaitu dengan adanya peristiwa penaklukan kota Makkah), mengusir orang-orang musyrik darinya sehingga kaum muslimin dapat berhaji dengan nyaman tanpa dibarengi oleh orang-orang musyrik.

Sedangkan sebelum itu, kaum musyrikin biasa berhaji bersama-sama dengan orang-orang Islam hingga mengganggu ketenangan ibadah haji. Maka dengan ketiadaan mereka berarti sempurnalah nikmat Allah kepada orang-orang Islam.

So, it’s clear that the last verse yang diturunkan ialah Al-baqarah: 281. Mungkin para pendahulu yang mengatakan ayat terakhir yang turun ialah Al-maidah: 3 itu didasarkan pada pemahama redaksi ayat di atas, yang mengisyaratkan ending dari wahyu yang diturunkan.

 

(dikutip dari buku “Tiada Cerita Sebagus Al-Qur’an, karya Ummu Harits (2007: 22-24)

comments

 

Berita Terkait :