Beberapa Amalan Sunnah Saat Idul Fitri

Sumber gambar: kapanlagi.com

Hari Raya Idul FItri adalah hari yang suci dimana selama 1 bulan penuh kita telah menjalankan ibadah puasa.  Idul Fitrti di rayakan pada tanggal 1 Syawal, dan semua orang menyambut hari ini dengan gembira.  Semua umat muslim mempersiapkan penyambutan hari ini dari jauh-jauh hari seperti membersihkan rumah, membuat kue dan membersihkan diri mereka sendiri.

Agar tidak lepas dari pahala  yang besar di moment spesial 1 tahun sekali ini umat muslim melakukan Ibadah Sunnah saat Idul Fitri tersebut, nah kira-kira ibadah apa saja ya yang dapat mendatangkan pahala pada 1 Syawal tersebut?  Nah berikut beberapa ulasannya yang saya baca-baca dari berbagai sumber.

Beberapa Amalan Sunnah Saat Idul Fitri

1. Bangun Lebih Awal

Dengan bangun lebih awal kita bisa mempersiapkan segala hal untuk menyambut hari yang fitri ini.

2. Mandi Sunnah Idul Fitri

Seperti halnya pada Hari Juma’t sebelum kita Sholat I’ed dan berangkat ke Masjid kita diharuskan mandi sunnah yang diniatkan untuk hari raya idul fitri.
Sebagaimana salah seorang sahabat Rasulullah s.a.w, yaitu Ali bin Abi Thalib, ketika ditanya tentang bilakah mandi yang disunnahkan oleh Rasulullah s.a.w. Beliau menjawab: “(Mandi yang disunnahkan) pada hari Jumaat, hari ‘Arafah, hari raya Idul Fithri, dan Idul Adha.” (Lihat Al Wajiz, hal 47).

3.  Berpakaian Rapih dan Memakai Wewangian

Tidak harus baru namun rapih dan bersih serta memakai wewangian untuk pria.  Dan untuk wanita berpakaianlah sewajarnya tidak berdandan berlebihan.

4. Makan Sebelum Berangkat Sholat

Sebelum kita keluar dari rumah kita untuk menuju Masjid atau lapangan untukj sholat Idul Fitri disunnahkan agar kita makan terlebih dahulu, hal tersebut didasarkan dengan hadits dari Anas Bin Malik yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari yang menyebut : “Nabi SAW tidak keluar di pagi hari raya Idul fitri sehinggalah Nabi SAW memakan beberapa biji kurma…

5.  Jalan Kaki Menuju Tempat Sholat Ied dan Berbeda Jalan Saat Pulangnya 

Ali bin Abi Tholib-Radhiyallahu anhu- berkata:

“Termasuk perbuatan sunnah, kamu keluar mendatangi sholat ied dengan berjalan kaki”. [HR.At-Tirmidzy dalam As-Sunan (2/410); di-hasan-kan Al-Albany dalam Shohih Sunan At-Tirmidzy (530)]

Dari Jabir bin Abdillah berkata: “Rasulullah s.a.w apabila (berangkat dan pulang) pada hari raya mengambil jalan yang berbeda.” (HR. Bukhari)

Mungkin tujuannya adalah kita bisa bertemu dengan saudara-saudara kita yang rumahnya di jalan tersebut agar bisa menjalin silaturahim.

6. Bertakbir Saat Malam hingga Tempat Sholat Ied

Nabi s.a.w apabila pada hari raya Iedul Fithri, beliau bertakbir sehingga sampai lapangan (tempat didirikan solat hari raya) dan melaksanakan solat. Apabila selesai solat, beliau memutuskan takbirnya.” (HR. Ibnu Abi Syaibah dalam Al Mushannaf, lihat Ash Shahihah).

7. Sholat Ied Berjama’ah

Kita disunnahkan untuk mengikuti prosesi ibadah Sholat Hari Raya yaitu Mulai dari Sholatnya, Khutbah dan doa bersama.

Kalimah yang digunakan di zaman baginda SAW adalah “Taqabbalahhu minna wa minkum” artinya “Semoga Allah menerima amalan (amalan dan ibadat di Ramadhan) kami dan kamu”.

Itulah beberapa amalan Sunnah di Hari Raya Idul Fitri, semoga menjadi sumber informasi untuk anda semua untuk menyambut hari yang fitri ini.  Birohmah Universitas Lampung Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri. Taqobbalallohu minna wa minkum. #kusnendar#

Sumber referensi: ummushofi.wordpress.com dan  www.berryhs.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


4 × 5 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>