Evaluasi Kemerdekaan Indonesia

 

 

Kemerdekaan merupakan hal yang mahal bagi setiap bangsa. Dengan susah payah suatu bangsa melepaskan diri dari penjajahan. Lalu apa makna sebenarnya dari kemerdekaan ?

Sudahkah Indonesia merdeka? Pertanyaan tersebut sudah menjadi trending topik dikalangan masyarakat Indonesia. Hidup di negara makmur akan sumber daya alam namun miskin akan pendapatan. Ketidakpercayaan rakyat dengan pemerintah yang katanya wakil rakyat namun “membunuh” rakyat. Menilik dari berbagai sisi dapatkah kita  katakan bahwa indonesia sudah merdeka?

Mari kita sama-sama renungkan. Berbagai kasus seperti KKN yang menyalahi pancasila merupakan dasar dari masalah di negeri kita. Kejahatan yang di anggap sudah biasa membentuk mental terjajah bagi rakyat indonesia.

Kemiskinan dan kebodohan dan yang lebih parah adalah kepasrahan akan hal tersebut.

Betapa sulitnya pendahulu kita merebut bendera merah putih dan kini kita nodai perjuangan mereka dengan menjadi rakyat yang pasrah dan kurang memilih. Seakan-akan kata merdeka hanya cukup dimaknai dengan upacara.

Bukan Undang-undang atau peraturan lain yang harus diubah dari negeri ini. Namun penghuninya orang-orang yang mentalnya harus tertempa dengan nilai-nilai kebajikan yang sudah kita sepakati dalam pancasila. Kita memang perlu belajar dari negara lain, mengadakan berbagai kerjasama untuk menambah wawasan demi kesejahtraan rakyat indonesia. Akan tetapi sebelum itu kita harus menyiapkan diri dengan resiko yang akan muncul. Menyiapkan strategi agar tantangan tersebut dapat kita ambil sebagai peluang untuk menang. Perbaiki mental rakyat, tumbuhkan nilai-nilai dasar bangsa indonesia. Memulai dari kejujuran kecil dengan begitu kita dapat bangga mengatakan bahwa indonesia telah merdeka. Akan tetapi semua itu tidaklah mudah bahkan jika kita berpikir pesimis maka akan jadi mustahil. Oleh karena itu perlu adanya kerjasama antara rakyat dan pemerintah yang harusnya menjadi contoh bagi rakyat indonesia. Sejatinya setiap orang adalah pemimpin dan marilah kita mulai dengan memimpin diri sendiri. Merdeka Indonesia ! nyalakan semangat anak bangsa !

Sumber : dari berbagai sumber kanal media Islami

comments

 

Berita Terkait :