Kisah Islami : Hati dan Lisan

 

hat

Hati-hati dengan hati, jua hati-hati dengan lisan. karena setiap kata yang keluar tak akan mampu ditarik kembali, begitupun hati yang ternodai akan membutuhkan waktu yang cukup panjang tuk menjadikannya bersih kembali,

yuk simak, gimana kisahnya

Luqman adalah seorang budak berkulit hitam yang bekerja sebagai tukang kayu, suatu kali majikannya menyuruh agar ia menyembelih seekor domba. Ia meminta agar bagian yang paling lezat dari domba itu diberikan kepadanya .budak itu kemudian memberinya lidah dan hati. Setelah beberapa hari kemudian ia menyuruh lagi agar ia menyembelih seekor domba. Ia meinta untuk diberi bagian paling tidak enak dari domba itu. Iapun sekali lagi memberi lidah dan hati kemudian majikannya berkata “mengapa engkau memberiku lidah dan hati ketika aku meminta agar aku diberi bagian yang paling lezat dan juga bagian yang paling tidak enak?.

Budak itu mejawab, sebab tidak ada yang lebih baik daripada lidah dan hati bilamana baik dan tidak ada yang lebih tidak enak daripada lidah dan hati bilamana buruk.

semoga bermanfaat :)

sumber :  Buku 1001 Kisah Teladan oleh Hani Al Haj hal :286

comments

 

Berita Terkait :