Hebat !!! Mahasiswa FT Unila Bisa Buat Mobil

 

Mahasiswa Fakultas Teknik (FT) Universitas Lampung berhasil merancang dan membuat mobil dengan konsep irit bahan bakar dan ramah terhadap lingkungan. Prototipe mobil tersebut diberi nama Raden Intan 1 dan Raden Intan 2. Kedua jenis prototipe mobil akan dilombakan dalam kontes mobil hemat energi (KMHE) 2016 yang diselenggarakan Kemenristek Dikti di kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta, 1-4 November 2016, mendatang.

Mobil Raden Intan

Prototipe Mobil Raden Intan I dan II Karya Mahasiswa FT Universitas Lampung/Sugiono.

Pembuat mobil Raden Intan 1 dan mobil Raden Intan 2 adalah dari Moran Team, dan dalam ajang tersebut, maka Unila akan mengirimkan dua timnya melalui kedua mobil tersebut yang berbahan bakar bensin dan listrik.

Kesiapan dari tim mobil Unila ditandai dengan pelepasan yang dilaksanakan pada hari Kamis, 27 Oktober 2016, di Fakultas Teknik.

Mobil Raden Intan 1 dan 2 mempunyai kecepatan maksimum 80 km/jam, didesain aerodinamis untuk mengirit energi dan bahan bakar.

Rencananya, dalam kontes nanti akan diikuti oleh 60 tim dari 37 perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Dilansir dari jejamo.com, Dosen pembimbing tim II, Martinus, menjelaskan, meskipun dengan mobil minim yang didapat dari iuran tim, pihaknya optimis menang di KMHE.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, komponen dan bahan yang digunakan mobil Raden Intan 1 dan 2 didapat dari produk lokal. “Ini kalau dibilang tergolong mainan mahal, kendati demikian sebaga riset harus dikembangkan dan digunakan,” tandasnya. (MCB).

comments

 

Berita Terkait :