Ibnu Kholdun : Ilmuwan Sosial dari Tunisia

 

Bismillah..

Assalamu’alaikum sobat semua.. how are you guys? Hehe semoga selalu sehat amiinn.. dan pastinya ceria selalu!:)

Birohmah mau sedikit Story nih guys, yang pastinya bermanfaat Insya Allah

inspiring 4

Oke guys, jadi begini sobat birohmah pernah denger atau baca tentang  “Bapak sosiologi” ga nih sebelumnya? Atau pas SMA deh pasti pernah gamungkin ga pernah dong!.. dan sobat birohmah langsung mikir nya Auguste Comte kan kan..

Sebener-bener-benernya itu tuh salah tau hehe.. tapi sebelum dijawab nih sobat birohmah search dulu deh di mbah Google! Eits.. kelamaan deh. Kita kasih tau aja deh ya siapa “Missing Link” ini sebenernya☺ dan beliau adalah Ibnu Khaldun sang Bapak Sosiologi Islam dan peletak dasar-dasar ilmu sosial sebelum diadopsi bangsa barat. Gitu loh sob..

Mau tahu lebih dalam tentang beliau dan karya-karya besarnya yangluar biasa dan viral itu?

Yok let’s kita ta’arufan dengan beliau..

SIAPA BELIAU?

Beliau adalah Ibnu Khaldun dipandang sebagai peletak dasar ilmu-ilmu sosial dan politik Islam dan bapak ekonomi islam jauh sebelum mereka ini nih “Adam Smith (1723-1790) dan David Ricardo (1772-1823)”.

Nama lengkapnya adalah Waliuddin Abdurrahman bin Muhammad bin Muhammad bin Abi Bakar Muhammad bin al-Hasan yang kemudian masyhur dengan sebutan Ibnu Khaldun. lahir di Tunisia pada 1 Ramadan 732 H./27 Mei 1332 M. beliau ini dikenal sebagai sejarawan dan bapak sosiologi Islam yang hafal Al-Qur’ran sejak usia dini. Masya Allah..

Dan juga sebagai ahli politik Islam, ia pun dikenal sebagai bapak Ekonomi Islam, karena pemikiran-pemikirannya tentang teori ekonomi yang logis dan realistis jauh loh. Bahkan ketika memasuki usia remaja, tulisan-tulisannya sudah menyebar ke mana-mana. Luar biasa sekalee!!

Karir beliau pun didalam bidang ilmu pengetahuan sangat cemerlang sekali walaupun penuh suka duka gituu.. But, no problem guys. Ibnu khaldun ini pernah menduduki jabatan penting dibeberapa Negara seperti di Granada dan lebih kerennya lagi pernah menjadi guru besar di Universitas Al-Azhar, Kairo. Tep Mantep! Dari sini deh karya-karya beliau yang viral mendunia itu lahir.

 

KARYA-KARYA LUAR BIASANYA!

Karya beliau yang paling terkenal adalah Al-Muqaddimah (pendahuluan atas kitabu al-’ibar yang bercorak sosiologis-historis, dan filosofis) bahkan buku ini nih udah diterjemahin kedalam berbagai bahasa loh!

Selain itu disusul dengan karyanya yang lain yang ga kalah viralnya adalah at-Ta’riif bi Ibn Khaldun (sebuah kitab autobiografi, catatan dari kitab sejarahnya), Lubab al-Muhassal fi Ushul ad-Diin (sebuah kitab tentang permasalahan dan pendapat-pendapat teologi, yang merupakan ringkasan dari kitab Muhassal Afkaar al-Mutaqaddimiin wa al-Muta’akh-khiriin karya Imam Fakhruddin ar-Razi).

Sungguh karya-karya yang luar biasa guys..

 

SANG ILMUAN MUDA IBNU KHALDUN YANG CERDAS

Waliuddin Abdurrahman bin Muhammad Ibn Khaldun Al-Hadrami Al-Ishbili atau yang biasa kita kenal dengan nama ibnu khaldun ini lahir dengan keadaan keluarga kelas tinggi. Rupanya ayah beliau yang menjadi guru pertama untuk menghapal Qur’an dan menguasai tajwid ketika masih kecil, selain itu beliau pun menimba ilmu agama, filsafat, tasawuf, dan metafisika, ilmu politik, sejarah, ekonomi, geografi, hukum, fisika, hingga matematika dari sejumlah ulama Andalusia yang hijrah ke Tunisia dan kesemuanya itu memperoleh hasil yang sangat memuaskan. Masya Allah..

Pada usia 21 tahun beliau diangkat menjadi sekretaris Sultan Al-Fadl dari Dinasti Hafs yang berkedudukan di Tunisia. Kemudian beliau pun pernah diangkat menjadi anggota majelis ilmu pengetahuan dan sekretaris sultan selamat satu tahun dan masih banyak lagi kedudukannya sebagai bentuk keberkahan dari dari ilmu-ilmunya tersebut.

Sejak masih muda pun beliau sudah tidak heran lagi dengan kehidupan politik karena memang sudah terbiasa dengan berbagai intrik politik ditambaha lagi dengan keadaan politik negaranya yang sedang dalam masa peperangan.

 

SETRATEGI POLITIK IBNU KHALDUN

Malalui ilmu pengetahuan yang ia kuasai banyak sekali jabatan-jabatan tinggi yang diamanahkan dan di emban sejak masih dalam usia yang tegolong masih muda. Beberapa jabatan pilitisnya seperti  ia diangkat menjadi sekretaris Sultan Al-Fadl dari Dinasti Hafs yang berkedudukan di Tunisia, diangkat menjadi anggota majelis ilmu pengetahuan dan sekretaris sultan, menjadi duta negar di Castilla, sebuah kerajaan Kristen yang berpusat di Seville dan maasih banyak lagi. Kesemua jabatan/amanah tinggi tersebut beliau raih melalui kerja keras, lobi politis yang strategis pada setiap sultan kerajaan dan juga melalui kecerdasan dalam penguasaannya terhadap ilmu yang dimilikinya tersebut.

 

SANG PEMIKIR YANG BRILIYAN

Ibnu khaldun sang pemikir yang brilian dengan berbagai analisanya mengenai gejala-gejala sosial, perbedaan masyarakat, hubungan lingkungan grafis dengan gelaja-gejala sosial yang mempengaruhinya, pemerintahan dan politik, Negara sampai ke ekonomi.

Teori nya tentang Negara bahwa ia meyakini bahwa pada dasarnya negera-negara berdiri bergantung pada generasi pertama (pendiri negara) yang memiliki tekad dan kekuatan untuk mendirikan negara. Lalu, disusul oleh generasi ke dua yang menikmati kestabilan dan kemakmuran yang ditinggalkan generasi pertama. Kemudian, akan datang generasi ke tiga yang tumbuh menuju ketenangan, kesenangan, dan terbujuk oleh materi sehingga sedikit demi sedikit bangunan-bangunan spiritual melemah dan negara itu pun hancur, baik akibat kelemahan internal maupun karena serangan musuh-musuh yang kuat dari luar yang selalu mengawasi kelemahannya.

Menurut ibnu khaldun kehancuran suatu Negara dan masyarakat disebabkan oleh melemahnya nilai-nilai sepiritual, karena pada dasar nya pendidikan gama sangat penting sebagai dasar untuk menjadikan insan yang beriman dan bertaqwa untuk kemaslahatan umat.

Ibnu khaldun wafat pada 25 Ramadan 808 H./19 Maret 1406 M. di Kairo, Mesir. Namun karya serta pemikirannya masih terus hidup dan memberikan manfaat dari generasi ke generasi sampai saat ini.

Demikianlah The Story of Ibnu Khaldun sang peletak ilmu-ilmu sosial islam dengan berbagai karya dan pemikiran yang yang briliyan. Semoga bermanfaat untuk sobat birohmah semua.. and see u next edition!

(Nadia Khumairatun Nisa)

 

comments

 

Berita Terkait :