Informasi Islam : Gravitasi Bumi

 

196

GRAVITASI BUMI

sungguh betapa besarnya karunia Allah SWT terhadap kehidupan ini, yang menjadikan kita berdiri tegak dipermukaan bumi tanpa terombang ambing maupun melayang-layang. maha  besar Allah dengan segala firmanya. hai guys.. tahukah kalian apa sebabnya? yups.. Allah ciptakan sesuatu yang disebutnya gaya grafitasi. seperti apa penjelasannya, kuy simak :)

SINOPSIS

Allah menjadikan bumi melakukan rotasi namun tetap stabil. Allah juga menjadikan segala sesuatu di permukannya tetap kokoh dan tertarik kepada bumi. Ini mustahil terjadi tanpa adanya tarikan gravitasi. Beberapa orang beranggapan bahwa pada akhirnya, manusia masuk ke dalam bumi dan terkubur di dalamnya. Akan tetapi, Allah berfirman:

“Bukankah Kami telah jadikan bumi bisa dihuni oleh yang hidup maupun yang      mati?” (QS Al-Mursalat : 25-26)

Kata kifatan merupakan turunan dari kata kerja ka-fa-ta Yak-fi-tu yang berarti menarik, memegang, mengikat. Jadi salah satu sifat bumi adalah, menarik, memegang, dan mengikat. Ayat ini jelas mengacu kepada gravitasi. Jadi, segala sesuatu diatas bumi tertarik kepadanya. Adapun berat sebenarnya suatu benda adalah kekuatan tekanannya menuju bumi yang juga berkaitan dengan massa bumi itu sendiri.

  1. PENJELASAN

Allah dalam surah Al-Mursalat berfirman:

“Bukankah Kami telah jadikan bumi bisa dihuni oleh yang hidup maupun yang      mati?” (QS Al-Mursalat : 25-26)

Suatu benda yang memiliki berat 100 kilogram di bumi memiliki berat enam kali lebih rendah ketika berada di bulan. Manusia yang beratnya 60 kilogram di bumi, beratnya hanya sepuluh kilogram di bulan. Dengan demikian, berat suatu benda adalah sejumlah gravitasinya menuju bumidan berat suatu benda di bulan adalah besar gravitasinya menuju inti bulan.

Allah berfirman

“Bukankah Kami telah jadikan bumi bisa dihuni oleh yang hidup maupun yang mati?”      (QS Al-Mursalat : 25-26)

Sekarang, satu hal yang patut kita renungkan adalah bagaimana jadinya dunia tanpa gravitasi? Bagaimana air tersedia di muka bumi jika tidak ada gravitasi? Bagaimana atmosfer bisa tetap melapisi bumi jika tanpa gravitasi? Jika bumi tidak menarik atmosfer kepadanya, atmosfer akan tetap diam sementara bumi berputar, jika demikian maka arus besar dari angin berkecepatan tinggi (badai, topan, dll) lebih dari 1.600 km/jam akan terjadi . itu mampu menghancurkan segala sesuatu di bumi. Siapa yang membuat atmosfer tertarik ke bumi? Tentulah tarikan gravitasi. Dan siapakah yang membuat lautan tertambat di permukaan bumi sebagai akibat dari tarikan gravitasi?

“Bukankah Ia yang menjadikan bumi sebagai tempat tinggal yang stabil…?” (QS An-Naml: 61)

Jadi, Allah menjadikan bumi melakukan rotasi namun tetap stabil. Allah juga menjadikan segala sesuatu di permukannya tetap kokoh dan tertarik kepada bumi. Ini mustahil terjadi tanpa adanya tarikan gravitasi. Beberapa orang beranggapan bahwa pada akhirnya, manusia masuk ke dalam bumi dan terkubur di dalamnya. Akan tetapi, Allah berfirman:

“Bukankah Kami telah jadikan bumi bisa dihuni oleh yang hidup maupun yang mati?”      (QS Al-Mursalat : 25-26)

Jadi, orang hidup juga menempel ke bumi dan tertarik olehnya (sebagaimana orang mati) mengacu kepada massa yang dimilikinya.

(Sumber: Al-I’jaz Al-‘Ilmi oleh An-Nabulsi)

comments

 

Berita Terkait :