Home » Uncategorized » INGAT !!! Tak Lolos & Tak Bisa Ikut SNMPTN 2013? Masih Ada SBMPTN 2013

 
 

INGAT !!! Tak Lolos & Tak Bisa Ikut SNMPTN 2013? Masih Ada SBMPTN 2013

 

RSS Berita Kampus

  • 70.000 LJUN Telah Dipindai Unila April 16, 2014
    (Unila) : Koordinator Tim Pemindaian Hasil Ujian Nasional (UN) SMA se-Provinsi Lampung Muhamad Komarudin, S.T.,M.T., mengatakan hingga hari ini (16/4), pukul 11.00 WIB, lebih dari 70 ribu Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN) sudah dipindai. “Kita sudah menambah lagi scanner dari semula 8 unit, sekarang menjadi 12 mesin pemindai. Jumlah ini relatif sudah menc […]
    Hisna Cahaya
  • Unila Komit Garap PDD Jadi AKN April 16, 2014
    (Unila) : Pembantu Rektor I Bidang Akademik Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Ir. Hasriadi Mat Akin, M.P., menyatakan kesungguhan pihak Unila dalam pelaksanaan program Pendidikan di Luar Domisili (PDD) yang diselenggarakan di Kabupaten Pringsewu dan Mesuji. Menurutnya, program ini tak hanya dapat meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) di Provinsi Lam […]
    Hisna Cahaya
  • Unila Targetkan Pindai 500.000 LJUN dalam 10 Hari April 14, 2014
    (Unila) : Tim pemberkasan dan pemindaian Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN) Universitas Lampung (Unila) menargetkan pemindaian 500.000 LJUN SMA/sederajat di Lampung rampung dalam 10 hari ke depan. Hal ini lebih cepat dari target nasional yang ditetapkan akhir April mendatang. Koordinator Tim Pemindaian Ujian Nasional Lampung Muhamad Komarudin, S.T.,M.T., m […]
    Hisna Cahaya

Jakarta – Bagi para siswa yang nanti tak bisa mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 karena sekolahnya tak terdaftar pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS), atau tak lolos bukan berarti ‘kiamat. Masih ada jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dengan ujian tertulis.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana SNMPTN 2013 Prof Dr Akhmaloka, ada 3 jalur masuk ke PTN. Selain SNMPTN juga ada SBMPTN dan seleksi mandiri.

“Siswa yang tidak lulus SNMPTN, boleh ikut lagi SBMPTN, paket C boleh ikut SBMPTN. Seleksi mandiri ke PTN masing-masing,” jelas Akhmaloka dalam jumpa pers di gedung Kemendikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat (1/2/2013).

SBMPTN ini menggunakan ujian tertulis, sama seperti SNMPTN yang lama. Selain itu, bila SNMPTN 2013 hanya untuk yang lulus UN 2013, maka SBMPTN bisa untuk lulusan 2 tahun sebelumnya.

“Belum ada jadwal pasti pelaksanaan SBMPTN. Baru akan dilaksanakan setelah pengumuman kelulusan SNMPTN. Kalau nggak lulus SNMPTN boleh ikut lagi SBMPTN, nggak ada larangan tentang itu,” jelas dia.

Kuota

Mengenai kuota atau ketersediaan kursi PTN pada SNMPTN, Akhmaloka mengatakan tahun 2012 jumlah pendaftar mencapai 300 ribu. Diperkirakan, tahun 2013 ini, yang akan mendaftar SNMPTN dengan sistem baru bisa mencapai 6 kali lipatnya.

“Perkiraan tahun ini 1,2 juta sampai 1,5 juta siswa. Hitung-hitungannya sih 1 juta, tapi kita lihat perkembangannya,” jelas Rektor ITB ini.

Sementara Mendikbud M Nuh mengatakan kuota kursi PTN untuk SNMPTN 2013 ini minimal 50 persen dari total kuota PTN.

“Minimal 50 persen dari total penerimaan PTN-nya. Kan kita tinggal kali aja dari total kuota PTN-nya dengan 50 persen, jadi ya segitu,” kata M Nuh yang belum bisa merinci kuota kursi PTN untuk SNMPTN 2013.

Sedangkan Sekretaris Panitia Pelaksana SNMPTN 2013 Rochmat Wahab memaparkan minimal kuota PTN untuk SNMPTN adalah 50 persen, SBMPTN 30 persen, dan jalur mandiri sisanya.

“Kalau jalur mandirinya tidak digunakan, berarti SBMPTN-nya juga 50 persen,” jelas Rochmat. (sumber: http://fkip.unila.ac.id/tak-lolos-tak-bisa-ikut-snmptn-2013-masih-ada-sbmptn-2013/ dengan perubahan seperlunya)

 

No comments

Be the first one to leave a comment.

Post a Comment


 


2 × 9 =