Kenalan dengan departement dan staf Birohmah Unila yuk :)

 

LKLKOK

Wah, ane pengen magang di Birohmah nih, tapi ane sama sekali belom punya gambaran tentang departement ddan staf itu apa aja. Jadi masih bingung mau milih yang mana”

Loe sendiri gimana, Bro??

Oke sobat, mungkin pertanyaan di atas yang sering kali “menghantui” para Calon Pejuang Baru buat daftar BIROHMAH. Biasanya mereka masih sering merasa kebingungan mau milih departement atau Staf mana yang pas di hati mereka, sehingga kadang menyebabkan dilema tersendiri buat mereka atau bahasa gaulnya anak zaman sekarang : galau

Nah, sebelum kamu mulai untuk mendaftar jadi Pengurus Birohmah. ada baiknya kamu simak ulasan berikut tentang departement dan staff apa saja yang ada di bawah naungannya Birohmah. Buat jadi bahan pertimbangan sekaligus juga biar kamu punya gambaran, apa saja yang menjadi ‘garapan’ nya masing-masing departement dan staff, sehingga kamu bisa milih mana yang memang pas dengan hati dan minat kamu masing-masing

Oke, let’s we start!

1. Departement Kaderisasi

Bidang ini tempatnya orang-orang mencari orang, hehe bingung ya? Maksudnya bidang ini bertanggung jawab dalam mencari dan mempersiapkan generasi penerus perjuangan di birohmah, dengan melengkapi segala kompetensi yang mereka butuhkan dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat,

Yang namanya generasi penerus kan penting banget tuh buat ‘ruh’nya sebuah lembaga biar tetap hidup dan bergerak, nah makanya bidang ini giat banget dalam hunting mahasiswa yang memang berafiliasi terhadap Islam yang kemudian dikader untuk menjadi orang yang luar biasa !! So .. buat kamu yang merasa supel dan mudah akrab sama orang lain atau punya jiwa melatih atau mengkader seseorang, gabung ke Bidang ini aja, Ok

 

2.  Departement Hubungan Masyarakat (HUMAS)

Untuk bidang ini kerjaanya menjalin ukhuwah dan berhubungan dengan masyarakat baik dikampus maupun diluar kampus. Pokoknya Ilmu sosial kita diuji disini, yang ngaku visinya merakyat, nih tempatnya. Humas juga punya kegiatan sosial seperti Desa Binaan, IFLU (Islamic Festival of Lampung University), kunjungan dke Lembaga kemahasiswaan, dosen dll dahsyat pokoknya !!

 

3.Departement Kajian Ilmiah Islam (KII)

Mau tau ujung tombaknya birohmah? Nih departementnya. Urusan tentang belajar keislaman melalui kajian-kajian, tablig akbar dll di handle oleh departement  ini. Departement ini menjadi eksekutor terlaksananya proses penyampaian pernak-pernik kegiatan keislaman kepada seluruh masyarakat Unila, sehingga diharapkan mampu meningkatkan pemahaman keislaman mereka., Bidang  ini lah yang paling gencar menyuarakan ayat-ayat Allah, Takbir buat KII, Allahuakbar !!

Oke jadi buat kamu yang doyan banget ngajak-ngajak orang lain ke arah kebaikan maupun yang punya ide kreatif dalam mengemas kegiatan Islam agar lebih variatif dan bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat muslim Unila, departement ini cocok banget buat kamu.

 

4. Badan Khusus pemberdaaan muslimah (BKPM)

Ini dia departement pamungkas di Birohmah, departement  yang bener-bener spesial hanya untuk kaum muslimah semata alias khusus buat cewek doang.. departement ini punya agenda yang gak kalah seru, ada kajian kemuslimahan, Rumah Cantik Muslimah, dll. Nah jadi buat yang mau jadi muslimah CETAR (Ceria, cErdas, Tangguh, Amanah, Religius) buruan gabung disini

 

5.Departement Akademik dan profesi

Visi bidang ini nih katanya IPK terancam Cumload !! wah serem ya soal ujian, laporan-laporan, SIC, lomba Pekan Kreativitas Mahasiswa, departement ini jagonya. Departement ini juga genjar memotivasi mahasiswa melalui agenda training Motivasi, workshop prestasi, dll Pokoknya yang mau akhlaknya keren, Prestasi Beken harus gabung di Birohmah.  Akademik Oke, Organisasi Yes !!

 

6. Departement Media Center Birohmah

Nah kalau bidang ini pusatnya informasi tentang Birohmah serta dunia kampus. Tempatnya para pejuang dalam mempublikasikan seluruh agenda Birohmah ke civitas akademika. Departement ini ini  juga mengemas syiar Islam berbasis Media ( buletin dan jejaring sosial) yang diolah secara kreatif dan inovatif, sehingga diharapkan melalui tangan-tangan pejuang Media lah, syiar Islam yang dibawa BIROHMAH semakin meluas dan dikenal oleh masyarakat luas. Otak-atik komputer, jurnalistik, desain grafis (Corel, Photoshop, dll) dan  update status menjadi makanan sehari-hari bidang ini, wihh Dahsyatt !! mau? Ayo buruan Gabung, dijamin makin EKSIS  deh ^_^

 

7.Staf Sekretaris Jendral

Setiap lembaga atau organisasi pastinya memiliki tugas penting yang sama, yakni memastikan lembaganya berjalan sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku, atau bahasa kerennya PROFESIONAL. Nah, kesma inilah yang bertanggung jawab mengurusi tentang itu. Di sini kita akan belajar disiplin dan teratur dalam mengelola buku (perpustakaan), seluruh surat, dan proposal yang masuk maupun yang keluar. Pengelolaan sekretariatnya BIROHMAH menjadi tanggung jawabnya Staf Sekjen. so ayo gabung di staf sekjen

 

8. Staf Bendahara umum

Nah staf ini yang paling penting di Birohmah,  hehe iya bisa dibilang jadi roda penggerak Birohmah karena departement ini yang menghasilkan dana dari kegiatan usaha-usaha seperti berjualan berbagai jenis alat tulis, asesoris, makanan/snack, capucinno cincau dll. Nah KEREN kan?  Jadi buat kamu yang berminat mengembangkan kemampuan enterpreneurship atau berwirausahanya, bisa gabung ke staf bendum :)

 

 

 

comments

 

Berita Terkait :