Mencari Pemimpin Cerdas Via LKMI-TD

 

Sabtu, 30 November 2013, materi pertama dari LKMI-TD tahap 1  yaitu Kepemimpinan Diri + Kelompok yang disampaikan oleh Budi Dermawan .  Materi ini mengenai apa itu kepemimpinan.  Kepemimpinan merupakan proses mepengaruhi orang lain, tentu ini merupakan proses mengajak seseorang atau lebih untuk mencapai satu tujuan yang sama.Kemudian pengenalan macam-macam/ bentuk-bentuk/ gaya-gaya kepemimpinan, yaitu otoriter ( tanpa musyawarah), laissez fairez ( tidak tegas, pasif), demokrasi ( musyawarah), situational ( luwes dan terbuka).  Materi pertama usai pukul 10.10 WIB.

Peserta sedang fokus menyimak materi dari tutor

Materi kedua yaitu  Pengenalan dan Manajemen Organisasidiawali oleh Amanda Putra Seta dan di lanjutkan oleh Budi Dermawan.  Materi ini mengenai  apa itu manajemen organisasi. Manajemen organisasi adalah proses perencanaan, penyusunan, pergerakan dan pengendalian suatu organisasi.  Kemudian pengenalan macam-macam fungsi manajemen, yaitu planning ( perencanaan), organizing (pengorganisasian), extuating ( pergerakan) dan controlling ( pengawasan).  Materi dua akhiri dengan masuknya waktu dzuhur.

Materi ketiga yaitu Analisis  SWOT yang disampaikan oleh  Khoirul Umum Fahmi. Materi ini mengenai apa itu analisis SWOT. Analisis SWOT yaitu teknik analisis organisasi  untuk mengetahui bagaimana kondisi yang akan dihadapi kedepan dengan perkembangan kekuatan, kelemahan, kesempatan dan ancaman. Kemudian komponen analisis SWOT, yaitu Strong, Weaknes, Opportunity, dan ancaman. Materi ketiga diakhiri dengan masuknya waktu ashar.

Materi keempat yaitu Teknik Lobi dan Negosisasi yang disampaikan oleh Encep Supriyadi, CH, CHt.  Materi ini mengenai unsur-unsur lobi yaitu komunikasi, pesan, media, komunikan, dan respon. Kemudian hal-hal yang harus dipersiapkan untuk melakukan teknik lobi, yaitu 1) pelajari orang yang akan dilobi, 2) penampilan menyakinkan, dan  3)kesabaran  Materi usai pukul 17.30 WIB.

Minggu, 1 Desember 2013,  materi kelima LKMI-TD tahap 2 yaitu  Manajemen Rapat yang disampaikan oleh Fitriyanto. Materi ini  mengenai hal-hal yang harus diperhatikan dalam rapat, yaitu 1) mengerti point-point penting yang harus dirapatkan, 2)bias menganalisis apa saja yang dirapatkan,dan  3)tidak keluar dari pembahasan.  Materi kelima usai pukul 10.00 WIB.

Materi keenam yaitu kegiatan dan kepanitiaan yang disampaikan oleh Alis Saputra. Materi ini mengenai perangkat kepanitiaan  dan cara membuat acara yang efektif yaitu dengan adanya momen menarik dan sumber daya yang mau bergerak.  Dari materi ini dapat diambil sebuah masukan penting  bahwa dalam publikasi sebuah agenda harus ada inovasi yang berbeda dan unik sehingga menarik perhatian objek. Materi keenam di akhiri dengan masuknya waktu dzuhur.

Materi ketujuh yaitu Teknik Lobiyang disampaikan oleh Muhammad Amin SH. Materi ini mengenai syarat dan ketentuan sidang.  Pada materi ini juga dilakukan simulasi sidang  yang dipilih tiga relawan dari peserta ikhwan (putra) untuk menjadi pimpinan sidang.  Simulasi berjalan dengan seru dan penuh ketegangan serta dihiasi adu agrumen antar peserta sidang.

Sesi terakhir yaitu tausiyah dari Alis Saputra.  Peserta dan panitia mendengarkan dengan hikmat.  Seluruh kepala tertunduk hening.  Lantunan-lantunan kalimat sederhana sarat hikmah dengan diiringi instrument Kitaro, menambah semakin dalam muhasabah ini.Acara selanjutnya yaitu nonton film bersama.  Acara pun usai pukul 17.15 WIB yang ditutup dengan foto bersama antar panitia dengan peserta.

 

comments

 

Berita Terkait :