Menghafal Al-Qur’an Sambil Naik Motor/Kendaraan

 

Oleh: Wahid Biyobe (Kabid MCU 2012/2013)

Kegiatan membaca ayat suci Al-Qur’an memang harus menjadi rutinitas setiap hari. Membaca Al-Qur’an selain membuat hati menjadi tenang juga memiliki faedah yang luar biasa. Selain membaca Al-Qur’an, Tasmi (menyimak bacaan Al-qur’an), sekedar mendengarkan orang lain membacanya juga memperoleh pahala. Menghapal ayat-ayat Al-Qur’an mesti kita lakukan.

Hal-hal unik ketika menghapal Ayat-ayat Al-Qur’an setiap orang berbeda-beda. Kalau saya pribadi biasanya paling enjoy kalau menghapal ayat Al-Qur’an ini ketika lagi dalam perjalanan membawa kendaraan. Itu menurut saya lebih asyik, soalnya kita bisa sambil “Clinga-Clingu” melihat keindahan alam sekitar jalan raya dan tetap fokus dalam berkendara sembari mengucapkan ayat-ayat Al-Qur’an yang kita hapal.

Saat ini saya sedang menghapal surat Ar-Rahman. Surat ini memang begitu banyak. Sehingga menurut saya untuk menghapalnya lebih baik sambil dikendaraan. Daripada membawa kendaraan bengong, mikirin yang “enggak-enggak”, pikiran kosong, bosen melanda, hmm lebih baik alternatif yang tepat yaitu sambil “Menghafal ayat-ayat suci Al-Qur’an”. Wallahualam Bishhowab.

comments

 

Berita Terkait :