Menjadi Pemuda Qur’ani, Generasi Pewaris Negeri

 

live3

birohmah.unila.ac.id [17/09/17] – Birohmah Universitas Lampung sukses menggelar acara Tabligh Akbar yang bertepatan dengan Grand Launching Tasqif Birohmah. Bertempat di Masjid Al-Wasi’i Universitas Lampung, acara ini bertemakan “Menjadi Pemuda Qur’ani, Generasi Pewaris Negeri “. Materi yang disampaikan oleh Ustadz Fahrurrozi, Lc. ini berlangsung sejak pukul 08.00 sampai dengan pukul 10.00 WIB.

Umat islam banyak yang konsentrasinya terbatas atau interaksinya terbatas dengan Al-Qur’an. Yaitu dibatasi hanya dengan huruf dan lafadznya atau hanya tilawah saja tanpa memahaminya. Maka, harus berusaha untuk memahami makna yang terdapat dalam Al-Qur’an. Selain itu juga, perlu mendekatkan diri dengan Al-Qur’an sebagai salah satu langkah untuk mendapatkan keberkahan-Nya. Memahami setiap lafadz ayat yang dibaca. Tidak ada seorang pun yang mendapatkan keberkahan kecuali ia memahami setiap lafadz yang ia baca.

Beberapa cara agar dapat melaksanakannya adalah sebagai berikut:

✔ Usahakan setiap hari menyempatkan membaca Al-Qur’an 10 menit dan kemudian belajar memahami isinya.

Dalam Qur’an Surah As Shod Allah berfirman, ”Kitab Al-Qur’an yang kami turunkan kepadamu (Muhammad) penuh berkah agar mereka menghayati ayat-ayatnya agar orang-orang yang berakal sehat mendapat pelajaran”. Dari ayat tersebut, perlu untuk menghayati ayat-ayat Al-Qur’an atau berusaha memahami isi di dalamnya.

✔ Kemudian mengamalkan Al-Qur’an. Apa yang sudah dipahami, diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Al-Qur’an itu bagaikan cahaya. Apabila kita telah berinteraksi dengan baik dengan Al-Qur’an maka Allah akan membukakan hatinya sehingga ia akan sibuk mengejar akhirat dan tidak cinta duniawi. Meraka akan selamat dan masuk surga.

Maka kesimpulannya adalah Allah menurunkan Al-Qur’an tidak lain supaya dipahami maknanya dan diamalkan kandungan isinya. Maka akan terasa manfaatnya dalam hidup. Semoga Allah memuliakan orang-orang yang mengamalkan kandungan isi Al-Qur’an. (Oleh: Erika Silviyana PG Paud’17).

comments

 

Berita Terkait :