Peletakan Batu Pertama Masjid Kampus Al-Wasii Universitas Lampung

 
Peletakan Batu Pertama Masjid Al-Wasii Universitas Lampung

Peletakan Batu Pertama Masjid Al-Wasii Universitas Lampung

(birohmah.unila.ac.id) – Masjid kampus Al-Wasii Universitas Lampung kembali akan direnovasi pada tahun 2018 hingga 2019. Masjid tersebut direncanakan akan menjadi masjid termegah kebanggan masyarakat provinsi Lampung. Rektor Unila, Hasriadi Mat Akin mengatakan bahwa masjid ini dibangun pada tahun 1985.

Selama ini, katanya, masjid dijadikan sebagai pusat kegiatan kerohanian islam oleh sivitas akademika dan masyarakat. Renovasi masjid Al-Wasii bertujuan untuk menampung lebih banyak mahasiswa. Lebih lanjut kata dia, “kampus mempunyai peran penting untuk mengembalikan karakter masyarakat kepada karifan lokal”.

Rektor berharap, masjid Al-Wasii Unila menjadi pusat dakwah dan sebagai kawah candradimuka mahasiswa.

Renovasi masjid Al-Wasii Unila yang sudah direncanakan jauh-jauh hari juga mendapatkan respon positif baik dari pihak Rektor Universitas Lampung maupun Gubernur Lampung, M. Ridho Ficardo yang dalam kehadirannya diwakili oleh Kesra Provinsi Lampung, Heri Suliyanto. Dalam kegiatan tersebut, Jum’at (1/12/2017), peletakan batu pertama menandakan bahwa renovasi masjid Al-Wasii telah dimulai.

Usai peletakan batu pertama, Heri menyebutkan bahwa masjid merupakan sarana ibadah dan dakwah perlu mendapat perhatian dari pemerintah daerah dan seluruh umat muslim. Lebih lanjut, menurutnya, pemerintah Provinsi Lampung akan mendukung secara penuh upaya renovasi masjid Al-Wasii Unila dengan menggunakan dana melalaui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) 2018.

Lebih lanjut, Rektor Unila, Hasriadi Mat Akin menjelaskan bahwa dalam pembangunan renovasi masjid Al-Wasii Unila membutuhkan dana sekitar Rp.36 miliar. Hingga saat ini dana yang terhimpun masih Rp.1,1 miliar didapat dari sejumlah donatur dan civitas akademika. Untuk mendapatkan sejumlah uang tersebut, rektor optimistis dan berupaya mencari donatur baik dari dalam maupun luar negeri. ”Kami sangat optmistis akan mendapatkan bantuan dalam pembangunan ini,” ujarnya.

Ia juga menargetkan bahwa pembangunan masjid Al-Wasii yang baru akan ditargetkan rampung pada 2019, sehingga bisa dipergunakan sebagai sarana ibadah dan mendalami ilmu agama serta menjadi Kawah Candradimuka bagi mahasiswa Unila. “Mudah-mudahan dalam pembangunan ini dapat dilindungi semua pihak, sehingga ke depan masjid Al-Wasii menjadi icon kebanggan Unila,” kata dia, seperti dilansir dari lampost.

Birohmah Shop

Memulai Diskusi dan Beri Komentar Artikel di Atas:

comments