Pernyataan Sikap Birohmah Unila atas Krisis Kemanusiaan di Rohingya

 

Save Rohingya!

Assalamu’alaikum wr wb.
Terhitung sejak 26 Agustus 2017 masyarakat dunia kembali menyaksikan konflik kemanusiaan yang mengiris hati nurani kita. Masyarakat Rohingya yang telah ditindas oleh tentara Myanmar menjadi korban dari bentrokan bersenjata di akhir bulan Agustus 2017. Ratusan orang tewas dan ribuan Muslim Rohingya melarikan diri ke negara lain. Telah nyata di hadapan bangsa Indonesia bahwa penjajahan di atas dunia belum bisa dihapuskan.

Pernyataan Sikap Birohmah terhadap Krisis Kemanusiaan di Rohingya Myanmar

Pernyataan Sikap Birohmah terhadap Krisis Kemanusiaan di Rohingya

Birohmah Unila sebagai bagian dari masyarakat yang menjunjung tinggi nilai ukhuwah (persaudaraan), persatuan, dan keadilan merasa perlu untuk menyampaikan sikap sebagai berikut :

1. Birohmah Unila mengecam segala bentuk kekerasan yang dilakukan pemerintah Myanmar terhadap warga Rohingya.
2. Birohmah Unila sebagai bagian dari masyarakat global mengingatkan kepada PBB untuk berperan aktif dalam upaya menyelesaikan konflik di Myanmar dan menekan Norwegian and Swedish Noble Prize Institution untuk mencabut nobel perdamaian yang diterima oleh Aung San Suu Kyi, pemimpin de facto Myanmar.
3. Birohmah Unila mengapresiasi pemerintah Indonesia dalam hal ini diwakili oleh Menteri Luar Negeri yang telah melakukan upaya diplomasi dengan pemerintah Myanmar. Birohmah Unila berkomitmen mengawal pemerintah Indonesia untuk mewujudkan perdamaian dunia (sesuai amanah dalam pembukaan UUD 1945) khususnya terkait isu konflik di Rohingya.
4. Birohmah Unila sebagai bagian dari masyarakat Indonesia yang menjunjung tinggi perdamaian, mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk mengecam tindakan pemerintah Myanmar yang telah melakukan tindakan yang tidak berperikemanusiaan terhadap warga Rohingya.
5. Birohmah Unila mengajak umat Islam di Indonesia dan di seluruh wilayah yang di atasnya didiami umat Islam untuk berempati serta turut melangitkan doa terbaik untuk warga Rohingya.

Demikian pernyataan sikap ini. Sebagai penutup, kami mengajak untuk melangitkan doa terbaik kita kepada Allah SWT agar menurunkan bantuan terbaik-Nya untuk saudara kita di Rohingya.

Wassalamu’alaikum wr wb.
Ketua Birohmah Unila
Wahyu Kurniawan

Memulai Diskusi dan Beri Komentar Artikel di Atas:

comments