Rektor Unila “Menanam 12.000 Pohon” di Lingkungan Kampus

 
Mahasiswa KKN Unila Menanam Pohon di Kampus

Mahasiswa KKN Unila Menanam Pohon di Kampus (Photo Kontributor Teknokra Unila)

Menanam pohon di lingkungan kampus merupakan kegiatan positif untuk menjadikan lingkungan kampus yang hijau, ramah lingkungan, serta mengurangi polusi udara yang disebabkan oleh asap kendaraan yang menyisahkan emisi gas karbonmonoksida yang membahayakan manusia. Pohon merupakan sumber kehidupan, sebab mampu mencegah terjadinya efek pemanasan global (global warming).

Kampus Universitas Lampung (Unila) terkenal dengan nuansa hijaunya. Sehingga banyak orang yang menyebutnya sebagai “kampus hijau” atau “green campus“. Konsep green campus sebenarnya sudah lama terdengar sejak tahun 2013 silam. Konsep ini membangun peradaban kampus yang hijau dengan ditumbuhi pohon-pohon yang multi fungsi.

Pada hari Sabtu, (8/7/2017), Rektor dan Wakil Rektor, mahasiswa KKN periode II thn.2017, Seluruh Dekan/Wakil Dekan seluruh Fakultas, beserta jajarannya melakukan kegiatan membersihkan sampah, membuat biopori, dan penanaman 12.000 pohon di sekitaran lingkungan kampus Universitas Lampung. Beberapa areal di sekitar Gedung Serba Guna (GSG) Unila menjadi target penanaman pohon.

Menanam Pohon di Unila

Prof. Warsito, Dekan FMIPA Menanam Pohon di Unila (fmipa.unila.ac.id)

Kegiatan tersebut merupakan serangkaian kegiatan Bhaktiku Unilaku yang dilaksanakan oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) periode II tahun 2017. Ini merupakan kegiatan yang sekaligus mendukung green metric yang sedang digalakkan oleh pihak kampus. Green metric ini juga menjadi faktor dan poin penilaian dalam penentuan ranking webometric suatu website Perguruan Tinggi di Indonesia.

Uniknya, kegiatan penanaman pohon tersebut bersamaan dengan kegiatan pelepasan mahasiswa KKN, BP-KKN. Harapan rektor Unila agar kegiatan Bhaktiku Unilaku tersebut diteruskan oleh mahasiswa pada saat di lapangan, yaitu dengan menanam pohon. Ada sekitar 4.000 pohon dari jenis MPTS (multi purpose trees) akan dibawa dan ditanam oleh mahasiswa KKN Unila ke wilayah kerjanya masing-masing.

Penanaman pohon ini merupakan bentuk cinta civitas akademika Unila terhadap permasalahan lingkungan hidup, sehingga dengan penanaman pohon/reboisasi ini akan menjadikan lingkungan kampus lebih hijau untuk beberapa tahun ke depan. (MCU).

comments

 

Berita Terkait :