Tips Persiapan Sambut Warna-Warni Ramadhan

 

 

Hallo.. sobat fillah, Assalamualaikum semoga salam ini akan selalu membuat hari mu semakin terus berwarna. Tak akan indah harimu tanpa ada yang dibagi, yah begitulah sejatinya hidup. Berbagi tak akan membuatmu rugikan, yah tentu bukan kah, Allah maha dari segala maha.

Sebentar lagi warna-warni ramadhan akan semakin terasa, hai benarkah? Ya hitungan jemaripun siap menyemai waktu yang semakin hari terus berputar dengan cepatnya. Tak genap 40 hari lagi. Persiapan juga harus kita siapkan sejak dini bukankah, sedia payung sebelum hujan akan lebih baik.

Yup.. perlu persiapan yang matang untuk itu tak melulu tentang apa, tapi juga tentang bagaimana mengemas persiapan hingga benar-benar siap menyambut bulan suci penuh ampunan tersebut. Terlihat spesial sekali ya.. yah begitulah sesungguhnya bulan yang lebih baik dari seribu bulan itu akan hadir disana, cahaya-cahaya rasa yang sejuk lagi menghangatkan akan hadir disana lantas bagaimana kebaikan-kebaikan tidak akan sedetikpun meninggalkan, bahkan walaupun sesaat.

Nah dari pada berpanjang lebar, yuk.. simak, bagaimana tips mempersiapkan warna-warni ramadhan yang segera tiba ini. Baik secara fisik maupun secara mental dan ruhiyah. Bbukan kah kita tak akan mau meninggalkan sejenak momentnya disini.  Langsung aja ya..

  1. Berpuasa sunah dibulan syakban.

    Sobat fillah, bagaimana jika kita memulai persiapan dari berpuasa dibulan syakban ini. Sungguh ketika kita mampu mengendalikan, menahan nafsu baik lapar maupun amarah sangatlah penting oleh karenanya yuk kita latih kesabaran kita sejak hari ini sehingga saat ramadhan tiba kita sudah terbiasa melakukannya. Bukankah, bisa karena terbiasa. Sok atuh dimulai yak..

  2. Makan secukupnya

    Ini terdengar simple ya guys, nah sabar dulu ternyata ini tidak kalah penting loh untuk dipersiapkan. Kamu tahu kenapa?  Which One of the reason is ketika kamu terbiasa makan banyak maka lambungmu juga akan meminta dengan banyak. Jadi membiasakan lambung menerima makanan yang standar akan membuat lambung juga tidak akan kaget saat ramadhan nanti tiba. Nah tahukan, alasan anak-anak jalanan yang makannya Cuma 2 hari sekali, 3 hari sekali tetap dapat bertahan hidup. Ya meskipun itu sangat menyedihkan ya guys. Nah rasa kita juga harus mampu peka terhadap hal tersebut, olah raga yang sempat merasakan secara nyata akan berbeda dengan mereka yang hanya merasakan lewat seandainya loh.

  3. Kurangi makan yang manis-manis

    Heloo… fakta menunjukkan bahwa ketika kadar gula meningkat akan semakin memacu perut selalu lapar. Kenapa guys? Karena rangsangan yang mengenai kita tepat membawa sensor untuk mengatakan lapar loh. Wah jadi kita harus kurangi nih makanan yang banyak mengandung gula hal ini agar rasa lapar tidak menjadi hal yang harus kita prioritaskan ya. Karena puasa dibulan ramadhan tidak melulu soal puasa tapi menahan dalam artian yang lebih luas lagi kan.

  4. Atur Pola Tidur

    Nah ini nih yang gak kalah penting juga untuk kita atur, kenapa sih pola tidur? Karena pada hakikatnya tubuh normal akan tidur pada 8 jam penuh ya dalaam sehari nah jika tubuh kehilangan konsentrasinya maka bangun sahur pun akan sangat susah guys, apalagi makan sahur perlu dipersiapkan ya supaya kita tidak terganggu dalam menjalankan ibadah puasanya.

  5. Biasakan Olahraga

    Ini nih yang gak kalah pentingnya guys, olahraga ringan. Kenapa sih ? tahukan kamu bahwa olahraga 5 menit sehari itu mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan membuang racub-racun dalam tubuh, nah inilah salah satu alasannya, racun dalam tubuh perlu segera dibuang ya guys, karena untuk berpuasa kita perlu daya tahan tubuh extra sehingga saat melaksanakannya nanti tubuh kita sudah benar-benar siap dengan segala macam konsekuensinya.

  6. Konsumsi Cairan yang mencukupi Tubuh

    Guys, nah ini nih yang rawan saat sedang berpuasa. Dehidrasi kenapa bisa dehidrasi sih? Ya salah satu penyebabnya adalah kurangnya cairan dalam tubuh, tahukan kamu bahwa sebagian besar dalam tubuh kita ini berupa air atau cairan sehingga sangat fatal akibatnya jika kita kekurangan cairan saat berpuasa, nah salah satu hal yang dapat kita lakukan adalah mempersiapankan cadangan air yang baaik guys, dengan membiasakan minum yang banyak saat ini agar tubuh terbiasa mengonsumsi cairan yang banyak.

  7. Atur Agenda Puasa

    Nah ini juga gak kalah pentingnya loh, kenapa kita mustia atur agenda puasa kita, kali ini yang akan penulis soroti adalah terkait makanan yang kita konsumsi saat sahur, dengan rajin memulai artinya bertambah kaya kan pengalaman kita, nah jadi apa yang bisa kita ambil ? kenali makanan yang pas untuk sahurmu guys sehingga ketika puasa berlangsung tidak ada gangguan dari pencernaan dan yang lainnya yang berasal dari makanan, so sejarah adalah hal yang luar biasa loh disini.

  8. Kurangi Makanan yang Menimbulkan Ketergantungan

    Sungguh tidak ada kebaikan selain menggantungkan diri pada Allah SWT, ya kan guys? Tentunya ya ketika timbul ketergantungan pada sesuatu yang harus kita konsumsi tentu sangat tidak menyenangkan ya, oke jadi hal pertama yang harus kita lakukan apa? Kurangi ketergantungannya , mulai biasakan mengurangi kadar konsumsinya, nah apa kah jenisnya? Ya bisa rokok, maupun makanan yang mengandung kafein. Ini akan sangat membantu sobat nantinya ketika harus sedikit mengurangi kadar kebersamaan dengan yang suka menggangtung itu :D

  9. Perbanyak Tabungan

    Nah guys ini gak kalah penting loh.. kenapa? Karena bulan ini bulan suci bertabur pahala. Gelembung nafas yang setiap kali kita hirup pun adalah pahala, masya Allah ya. Nah ini nih yuk mulai menabung untuk memberikan sedikit harta kita demi pahala yang berlimpah ruah loh, nabungnya jangan Cuma kepake buat bukber sendiri ya.. nah bukberin orang jauh lebih istimewa tentunya. Pahala dapat,, bahagia dihati dapat juga dong tentunya.

  10. Perbanyak Baca Al- Qur’an

    Sobat fillah tentu setiap masa punya targetan tempuhan ramdhan kan yah, nah ini nih masanya memulai membiasakan dengan membaca Al-Qur’an sesuai targetan supaya nantinya target ramadhan kita tidak hanya sekedar tulisan.

  11. Perbanyak Doa dan Dzikir

    Nah ini nih yang gak kalah penting dengan persiapan lainnya, doa dan dzikir juga perlu dilatih loh guys, tahukan seorang atlit yang akan memenangkan kejuaraan nasional tidak akan mencapai targetan kecuali dengan latihan yang serius dan komitmen yang kuat. Jika setiap nafas yang kita hirup adalah ibadah maka selama kita masih bernafas juga adalah ibadah, so jangan sampai justeru ibadah itu akan menjadi hal yang sia-sia jika tidak diupayakan dengan baik ya.

  12. Berkata Baik atau Diam

    Nah, belakangan ini banyak hal yang sering kita dengar ya guys, curhatan lewat media celotehan yang gak jelas, nah dibulan yang suci ini kita juga dikomitmenkan untuk selalu melakukan hal-hal yang menghadirkan nur dalam hati kita, artinya dari pada setiap kata yang keluar justeru jadi bomerang bagi kita dan nantinya membuat kita tidak nyaman maka akan lebih baik jika diam dan tidak membuang energikan?

     

    Nah itu ya.. tips-tips menyambut warna-warni ramadhan dari penulis, harapannya dapat memberikan hal yang sesuai dengan keinginan kita untuk menyambut bulan suci penuh ampuan ini. Baiklah. Sekian terimakasih. Kalo ada pertanyaan segera hubungi admin ya guys.

    Wassalamualaikum Warahmatullohi Wabarakatuh

 

comments

 

Berita Terkait :